Kleptomania?

orang pinter pasti taulah, apa hubungan postingan ini sama gif di supermarket.
Annyeong gaes! Today is the schedule for posting. Today, kita akan ngebahas lagi tentang gangguan kepribadian //kurang lebih kaya minggu lalu lah ya. So, i want to ask all you guys, some question. Are you kleptomania? Untuk mengetahui apakah kalian menderita kleptomania atau tidak, keep reading is better :)

 I guess! 75% people doesn't know what is 'kleptomania'?
Menurut wikipedia, Kleptomania (bahasa Yunani: κλέπτειν, kleptein, "mencuri", μανία, "mania") adalah gangguan mental yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri.
Btw, pembahasan tentang kleptomania ini akan aku tulis sendiri dengan bantuan ide dari beberapa sumber.
So, jadi penderita kleptomania ini enggak bisaa disamakan sama yang namanya 'maling/pencuri'.  Barang-barang yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya sepele dan bisa tidak memiliki nilai tinggi (murah)

Dan, kebanyakan penderita kleptomania itu enggak pernah menggunakan hasil curiannya, atau mungkin dibagi-bagi ke teman-temannya, atau bahkan dikembalikan lagi ketempat pencurian. Jadi jangan heran sama penderita kleptomania ya, gaes.

 Ada yang merasakan ketegangan dan ada juga yang merasa senang. Kemudian perasaan menikmati dan puas ketika mereka berhasil mengambil barang yang tiba-tiba diinginkan. Setelah puas mengambil barang, dapat timbul rasa malu dan bersalah pada diri penderita.

Beberapa di antara mereka bahkan ada yang merasa takut terhadap konsekuensi yang bisa ditimbulkan dari tindakan yang tergolong kriminal tersebut. Meskipun begitu, dorongan untuk mencuri bisa muncul kembali di lain waktu dan penderita akan kembali mengulangi perbuatannya.

Penderita kleptomania cenderung menolak apabila diajak ketempat yang ramai, seperti supermarket, mal, atau pasar. Selain itu, penyebab kleptomania juga belum pasti.  Kondisi ini diperkirakan terbentuk akibat adanya perubahan komposisi kimia di dalam otak atau hasil dari gabungan perubahan di dalam otak.

Sebagai contoh, munculnya perilaku impulsif (salah satunya kleptomania) terjadi akibat menurunnya kadar serotonin (hormon yang bertugas mengatur emosi). Perilaku impulsif ini mungkin juga terkait dengan ketidakseimbangan sistem opioid otak sehingga keinginan untuk mencuri tidak bisa ditahan.

Selain itu, diperkirakan juga berhubungan dengan gangguan adiksi dimana terjadi pelepasan dopamin yang menjadikan pelaku merasa senang atas perbuatannya dan cenderung untuk ketagihan. Diperkirakan seseorang yang memiliki riwayat penyakit psikologis lainnya, seperti gangguan kepribadian, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan rentan mengalami kleptomania. //aku bipolar disorderr ///_///

Risiko untuk menderita kondisi ini juga akan meningkat bagi mereka yang pernah mengalami cedera di kepala dan mereka yang memiliki keluarga dekat penderita kleptomania.

 Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa. Pada beberapa kasus, kleptomania diderita seumur hidup. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan emosi, Bulimia Nervosa, paranoid, schizoid atau borderline personality disorder.[1] Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatik dan keracunan karbon monoksida.
Nah gimana pendapat kalian? Jadi, belum tentu semua pencuri itu beneran mencuri ya. Siapa tau aja, pencuri itu mengidap kleptomania.


No comments:

Post a Comment